Benteng Digital - Dan Brown

Jumat, 07 Agustus 2009

Digital Fortress ini adalah cerita mengenai cryptography. Yup! Tetap tentang teka-teki seperti di 2 buku Dan Brown sebelumnya (Da Vinci Code dan Angel & Demon). Mengambil setting badan pemerintahan Amerika NSA *singkatan dari “National Security Agency”, yang oleh beberapa pihak kadang diplesetkan juga menjadi “No Such Agency”, hehe*, buku ini bercerita tentang sebuah source code yang berisi rumus enkripsi yang tidak bisa dipecahkan bahkan oleh komputer pemecah kode tercanggih yang dimiliki NSA.

Buat saya yang bekerja cukup dekat dengan internet, source code, encryption/decryption, sejak halaman pertama pun mata ini sudah gak mau lepas dari buku ini. Meskipun ini hanya fiksi, asyik sekali membaca pengalaman tokoh-tokoh ceritanya sewaktu berkutat dengan kode-kode rahasia, membuat program penyusup untuk mengetahui alamat sumber suatu email, membuat sistem firewall untuk menghalau hacker, etc, etc…
Tentu saja ada pembunuhan juga di dalamnya, meskipun daya tarik utamanya tetap pada kecanggihan Dan Brown mengolah teka-teki (atau kode rahasia, atau simbol, atau permainan kata, huruf, dan angka, istilah, rumus, dan lain sebagainya). Wuih.. pokoknya salut deh!



Tapi buat saya pribadi, yang paling menarik adalah bagian romantismenya. Di beberapa bagian buku, dikisahkan bahwa sang tokoh pria selalu menandatangi surat/email/memo-nya untuk sang tokoh wanita dengan salam: "Tanpa Lilin, -David-".
Jadi rupanya di masa renaisance di Spanyol dulu, para pematung marmer mahal terkadang membuat kesalahan/cacat sewaktu memahat. Cacat tersebut kemudian ditambal dengan menggunakan lilin, yang dalam bahasa Spanyol adalah cera. Patung-patung yang sempurna tanpa cacat, disebut patung-patung sin cera (tanpa lilin). Kata tersebut kemudian dipakai juga untuk memaksudkan ‘jujur’ atau ‘tulus’. Dalam bahasa Inggris kemudian menjadi sincere atau sincerely, yang biasa dipakai juga sebagai salam penutup surat.

Ya udah buruan download Versi Novel dalam bentuk ebooknya:

Link Download :
Download Benteng Digital "Dan Brown"

Jangan Lupa Download juga E-Book Trik menghasilkan puluhan juta dalam sebulan di internet :

Label:

2 komentar:

Anonim mengatakan...

manatap banget gan.....ne ada lagi gak

Anonim mengatakan...

Kok saya gak bisa donlot yaa??

Posting Komentar